JudulDAMPAK KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VA DI SD INPRES 8 MAMBORO |
Nama: NUR HIJRAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Hijrah, 2025. “Dampak Kebijakan Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VA di SD Inpres 8 Mamboro”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Yun Ratna Lagandesa dan (2) Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kebijakan Full Day School terhadap prestasi belajar siswa kelas VA di SD Inpres 8 Mamboro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan Full Day School di SD Inpres 8 Mamboro berdampak positif pada prestasi siswa, terbukti dari peningkatan nilai raport pada beberapa mata pelajaran. Siswa memiliki waktu belajar lebih lama, memahami materi lebih baik, dan lebih aktif dalam pembelajaran. Terdapat juga tantangan seperti kelelahan, banyaknya tugas, dan waktu istirahat yang terbatas. Guru berperan penting dalam menjaga semangat belajar dengan metode yang variatif. Dengan pengelolaan yang baik, kebijakan ini dapat terus ditingkatkan untuk hasil yang lebih optimal. Kata Kunci: Kebijakan Full Day School, Prestasi Belajar, SD Inpres 8 Mamboro |