| JudulANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SBDP PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 8 MAMBORO |
| Nama: AVELIA TEPASO |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Avelia Tepaso, 2025. “Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran SBdP pada Siswa Kelas IV SD Inpres 8 Mamboro”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Yun Ratna Lagandesa dan (2) Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran SBdP pada siswa kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran, baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik guru sebagai fasilitator, pengelola pembelajaran, evaluator, pembimbing, dan demonstrator. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif menjadi strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran, penggunaan media ajar yang menarik, serta memberikan apresiasi dan penghargaan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru berperan penting dalam keberhasilan belajar siswa. Guru yang aktif dan kreatif sangat berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar, SBdP, SD Inpres 8 Mamboro |