Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas IV Sd Inpres 8 Mamboro
Nama: TRISNA AYU WULANDARI
Tahun: 2025
Abstrak
Trisna Ayu Wulandari, 2025. Analisis Peran Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran SBdP Kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa dan Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) di kelas IV SD Inpres 8 Mamboro. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner/ angket, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan terhadap guru, siswa, serta beberapa pihak terkait di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran SBDP sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, baik dalam hal pemahaman materi maupun pengembangan keterampilan praktis. Berdasarkan hasil angket yang telah di sebarkan kepada responden, di peroleh total skor 1646 dari 23 responden terhadap 20 pernyataan yang di ajukan. Hasil presentase dalam angket ini adalah 71,56% masuk dalam kategori baik ( 61-80%). Peran guru yang paling signifikan menurut persepsi peserta didik adalah peran guru sebagai pendidik, dengan persentase sebesar 20,65%. Kesimpulannya, siswa menganggap bahwa peran guru sebagai pendidik lebih penting dibandingkan peran-peran lainnya. Mereka merasa bahwa bimbingan dan arahan dari guru sangat berpengaruh terhadap pembentukan sikap dan kepribadian mereka. Kata kunci: Peran Guru, Hasil Belajar, Seni Budaya dan Prakarya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up