JudulPengaruh Penggunaan Media Papan Tempel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 3 Birobuli |
Nama: PUTRI REGINA SADU |
Tahun: 2025 |
Abstrak Putri Regina Sadu (2025). Pengaruh Penggunaan Media Papan Tempel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Inpres 3 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Nashrullah dan Pembimbing 2 Muhammad Aqil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental dan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Masalah yang diteliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa sehingga, upaya yang diberikan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media papan temple dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh penggunaan media papan tempel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A & IV B SD Inpres 3 Birobuli. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan IV A sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Adapuan teknik Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test yang dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak H0, artinya media papan tempel berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Penggunaan Media Papan Tempel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Inpres 3 Birobuli. Kata Kunci : Pengaruh, Media Papan Tempel, Hasil Belajar Siswa |