Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Il SDN Kabonena
Nama: NABILA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nabila. 2025. Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Siswa ada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Kabonena. Skrip rogram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Dr. Ulfah, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Muhammad Aqil, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Kabonena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain esperimen pre-experimental design berbentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Il tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 17 orang, dan seluruh populasi dijadikan sampel (teknik sampel jenuh). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa adalah 86,16 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 94,41. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS versi 25, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H, diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Kabonena. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up