Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 4 SINDUE
Nama: FADILA
Tahun: 2025
Abstrak
Fadila, (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV SDN 4 Sindue. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Sarintan N.Kaharu dan Pahriadi.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 4 Sindue. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Sindue tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 28 siswa, 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji N-gain, uji normalitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis paired sampel t test dengan berbantukan SPSS statistic Versi 25. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai sig yaitu 0,000 atau nilai sig < dari taraf yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di kelas IV SDN 4 Sindue. Kata kunci: Model Discovery Learning, Media Video, dan Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up