Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran SBdP Kelas III SD Inpres 1 Kawatuna
Nama: NURFAIZA
Tahun: 2025
Abstrak
Nurfaiza, 2025. Judul skripsi: Pemgaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran SBdP Kelas III SD Inpres 1 Kawatuna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Yun Ratna Lagandesa S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Pahriadi, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media interaktif Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas tiga mata pelajaran SBdP (Seni, Budaya, dan Kerajinan) di SD Inpres 1 Kawatuna. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan metode one-group pretest-posttest yang melibatkan 25 siswa selama tahun ajaran 2024/2025 di Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Intervensi pembelajaran menggunakan Wordwall dilakukan selama tiga sesi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar, dengan skor pretest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang telah divalidasi dan daftar periksa observasi. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 25, meliputi statistik deskriptif, uji-t sampel berpasangan, dan analisis N-gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor posttest siswa yang signifikan dibandingkan dengan pretest, dengan rata-rata skor N-gain sebesar 0,826 (82,59%), yang tergolong tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam SBdP, terutama dengan meningkatkan keterlibatan dan motivasi. Namun, mengingat keterbatasan desain kelompok tunggal tanpa kelas kontrol, kesimpulan ini perlu ditafsirkan dengan hati-hati. Penelitian selanjutnya dengan desain eksperimen yang lebih kuat dan perbandingan antar subjek disarankan untuk memvalidasi hasil ini lebih lanjut. Kata Kunci : Wordwall, Learning Outcomes, Interactive Media, SBdP, Primary School Students. Nurfaiza, 2025. Thesis title: The Influence of Using Wordwall Media on Student Learning Outcomes in Arts and Culture Subjects for Grade III of SD Inpres 1 Kawatuna. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Supervisor I: Yun Ratna Lagandesa S.Pd., M.Pd. and Supervisor II: Pahriadi, S.Pd., M.Pd. This study aims to examine the effect of using Wordwall interactive media on the learning outcomes of third-grade students in the SBdP (Arts, Culture, and Crafts) subject at SD Inpres 1 Kawatuna. The research employed a pre-experimental design with a one-group pretest–posttest involving 25 students during the 2024/2025 academic year in Palu, Central Sulawesi, Indonesia. The learning intervention using Wordwall was carried out over three sessions. Data were collected through observation, interviews, documentation, and achievement tests, with pretest and posttest scores used to measure learning outcomes. Validated multiple-choice tests and observation checklists served as instruments. Data analysis was conducted using SPSS 25, including descriptive statistics, paired sample t-tests, and Ngain analysis. The results showed a significant increase in students’ posttest scores compared to the pretest, with an average N-gain score of 0.826 (82.59%), categorized as high. These findings indicate that the use of Wordwall can effectively improve student learning outcomes in SBdP, particularly by enhancing engagement and motivation. However, given the limitations of a single-group design without a control class, the conclusions should be interpreted cautiously. Future research with stronger experimental designs and comparisons across different subjects is recommended to further validate these results. Kata Kunci : Wordwall, Learning Outcomes, Interactive Media, SBdP, Primary School Students.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up