JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBdP MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 TALISE |
Nama: RINDA KIRANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rinda Kirana, 2025. Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Menggunakan Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa dan Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Prakarya Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan media pembelajaran audio visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 9 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 36%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 84%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 48%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 1 Talise Kelas IV pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kata kunci ; Media Pembelajaran audio visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. vii ABSTRACT Rind |