JudulMANAJEMEN PEMBELAJARAN KOLABORASI DI KELAS V SDN 24 PALU |
Nama: PIPING H. IBRAHIM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abstrak Piping H. Ibrahim. Manajemen pembelajaran kolaborasi di kelas V SDN 24 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (UNTAD) Palu Pembimbing 1 Rizal, Pembimbing 2 Muhamad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran kolaborasi di kelas V SDN 24 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kolaborasi di SDN 24 Palu telah dilaksanakan dengan baik, meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaannya. Proses perencanaan pembelajaran melibatkan strategi kolaboratif yang mengutamakan keterlibatan aktif siswa dalam diskusi kelompok, sementara pelaksanaan pembelajaran lebih berfokus pada penguatan kerjasama antar siswa. Pengelolaan kelas juga dilakukan dengan memperhatikan dinamika kelompok dan kebutuhan individu. Meskipun demikian, beberapa faktor seperti keterbatasan fasilitas dan waktu menjadi kendala dalam mengoptimalkan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pelatihan bagi guru dalam hal manajemen kolaborasi serta peningkatan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran kolaboratif yang lebih efektif. Sehingg berdasarkan penelitian diperoleh data Sangat Setuju (SS): 40,79%, Setuju (S): 44,92%Tidak Setuju (TS): 9,47% Sangat Tidak Setuju (STS): 9,47%. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa pembelajaran kolaborasI Sangat baik untuk di terapkan. Secara keseluruhan, data ini mencerminkan kinerja yang sangat baik di antara sebagian besar individu atau entitas yang dinilai. Namun, penting untuk tetap fokus pada upaya peningkatan berkelanjutan, terutama untuk mereka yang berada di kategori yang lebih rendah, agar semua pihak dapat bergerak menuju kinerja yang optimal Kata kunci : Manajemen, Pembelajaran Kolaborasi, Prestasi siswa Abstract Piping H. Ibrahim. The Management of Collaborative Learning in Class V of SDN 24 Palu. Undergraduate Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Education Departement, Teacher Training and Co-Supervisor, Muhammad Aqil. This study aims to analyze the management of collaborative learning in class V of SDN 24 Palu. This study applied qualitative descriptive approach with data collection techniques through observartion, interviews, and documention. The subjects consisted of teachers, students, and principals. The resules of the study indicate that the management of collaborative learning of SDN 24 Palu has been implemented well, although there are several challenges in its implemantion. The learning planning process involves collaborative strategies that the prioritize active student involvement in group discussions, while the implementation of learning focuses more on strengthening cooperation between students. Class management is also carried out by considering group dynamics and indovidual beeds. However, several factors succh as limited facilities and time are obstracles in optimizing collaborative learning. This study provides recommendations for improving training for teacher in terms of collaboration management and improving facilities and infrastructure to support more effective collaborative learning activities. So based on the study, the data obtained were Strongly Agree : 40.79% Agree: 44.92% Disagree: 9.47% Strongly Disagree: 9.47?sed on These data, it shows that collaborative learning is Very good ti be implemented. Overall, these data reflect excellent performance among the majority of ondividuals or entities assessed . however, it is important to remain focused on continous improvement efforts, especially for those in the lower categories, so that all parties can move towards optimal permormance Keywords: Management, Collaborative Learning, Student Achievement |