JudulPengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas V Sd Inpres 1 Kawatuna |
Nama: WINANDA SYACHPUTRI. M |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abstrak Bhs. Inggris This study aims to determine the effect of using the Discovery Learning model assisted by concept maps on students’ learning outcomes in Arts and Culture (SBdP) for fifth-grade students at SD Inpres 1 Kawatuna, Palu. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design. The sample consisted of 27 students (8 female and 19 male) selected from class V, with learning outcomes measured through pre-test and post-test using 12 validated multiple-choice items. Data analysis was carried out using SPSS 25, including normality tests, paired sample t-tests, and N-Gain analysis. The results showed a significant improvement in learning outcomes after the implementation of Discovery Learning assisted by concept maps. The average post-test score was 88.77, with a significance value of 0.000 (p < 0.05), indicating that the null hypothesis was rejected and the alternative hypothesis accepted. The N-Gain score was 0.692 (69.20%), categorized as medium, showing that most students experienced a meaningful increase in learning outcomes. These findings suggest that Discovery Learning with concept maps enhances students’ active participation, motivation, and conceptual understanding, making learning more interactive and enjoyable. The implications of this research highlight the potential of Discovery Learning assisted by concept maps as an effective alternative strategy for primary school teachers to improve students’ cognitive outcomes, especially in abstract subjects such as SBdP. This paper contains 61 references, two main instruments (pre-test and post-test), and several tables and appendices that support the analysis and interpretation of the results. Abstrak Bhs. Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Seni Budaya (SBdP) kelas V SD Inpres 1 Kawatuna Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 27 siswa (8 perempuan dan 19 laki-laki) yang diambil dari kelas V, dengan hasil belajar diukur melalui tes awal dan tes akhir menggunakan 12 butir soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25 yang meliputi uji normalitas, uji t sampel berpasangan, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan Discovery Learning berbantuan peta konsep. Rata-rata skor tes akhir sebesar 88,77 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Skor N-Gain sebesar 0,692 (69,20%), dikategorikan sedang, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan yang berarti dalam hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Penemuan dengan peta konsep meningkatkan partisipasi aktif, motivasi, dan pemahaman konseptual siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Implikasi penelitian ini menyoroti potensi Pembelajaran Penemuan yang dibantu peta konsep sebagai strategi alternatif yang efektif bagi guru sekolah dasar untuk meningkatkan hasil kognitif siswa, terutama dalam mata pelajaran abstrak seperti SBdP. Makalah ini berisi 61 referensi, dua instrumen utama (pra-tes dan pasca-tes), serta beberapa tabel dan lampiran yang mendukung analisis dan interpretasi hasil. |