JudulPeran Guru Dalam Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Tulo Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |
Nama: NUR AZAZIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Nur Azazia A40121289, Peran Guru dalam Menggunakan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Tulo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Dibimbing oleh Ibu Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd (Sebagai pembimbing I) dan Bapak Muhammad Aqil, S.Pd., M.Pd (Sebagai pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Tulo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berperan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada ranah kognitif (pemahaman materi), afektif (motivasi dan sikap positif), dan psikomotorik (keterampilan menulis cerpen). Guru berperan sebagai perancang, pelaksana, dan evaluator pembelajaran dengan memanfaatkan video, animasi, dan rekaman audio. Kendala utama meliputi keterbatasan sarana prasarana dan kesiapan teknis guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media audio visual yang terstruktur, disertai peningkatan kualitas media dan pelatihan guru, dapat mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar Nur Azazia A40121289, The Role of Teachers in Using Audiovisual Media to Improve Learning Outcomes of Sixth Grade Students at SD Inpres Tulo in the Indonesian Language Subject. Supervised by Mrs. Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd (Main Supervisor) and Mr. Muhammad Aqil, S.Pd., M.Pd (Co-Supervisor). This study aims to determine the role of teachers in using audiovisual media to enhance the learning outcomes of sixth-grade students at SD Inpres Tulo in the Indonesian Language subject. The research employed a descriptive qualitative method with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results indicate that audiovisual media plays a significant role in improving student learning outcomes, particularly in the cognitive domain (understanding of the material), affective domain (motivation and positive attitudes), and psychomotor domain (skills in writing short stories). Teachers act as planners, implementers, and evaluators of learning by utilizing videos, animations, and audio recordings. The main challenges encountered include limited infrastructure and the technical readiness of teachers. This study concludes that the structured integration of audiovisual media, along with improved media quality and teacher training, can optimize Indonesian language learning. Keywords: Audiovisual Media, Learning Outcomes, Indonesian Language, Elementary School |