JudulPERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBdP KELAS IV SDN 1 TANANTOVEA |
Nama: USNIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Usnia 2025, Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran SBdP Kelas IV SDN 1 Tanantovea, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Yun Ratna Lagandesa dan Pembimbing II Sisriawan Lapasere Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di kelas IV SDN 1 Tanantovea. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran SBdP yang menuntut kreativitas dan partisipasi aktif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dang angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SBdP dan siswa kelas IV SDN 1 Tanantovea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, baik sebagai fasilitator, pengelola pembelajaran, motivator, pembimbing, dan demonstrator. Strategi yang digunakan guru meliputi pendekatan pembelajaran yang variatif, penggunaan media pembelajaran yang menarik, serta pemberian penghargaan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan guru secara aktif dan kreatif sangat berkontribusi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, SBdP, Siswa Sekolah Dasar |