JudulAnalisis Efektivitas Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise |
Nama: SRI ARYAS MARWAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sri Aryas Marwah, 2025. “Analisis Efektivitas Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Rizal dan (2) Asriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise, peneliti ingin menganalisis apakan ada hubungan atau pengaruh efektivitas manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sebjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Secara keseluruhan, hasil observasi menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam pembelajaran yang diamati berada dalam kategori Baik dengan persentase skor 75.60%, pembelajaran telah dilaksanakan dengan cukup efektif, Guru yang diamati menerapkan pendekatan yang menyeluruh dalam mengelola kelas, dengan menyesuaikan metode pembelajaran berdasarkan suasana hati dan situasi siswa pada hari tersebut. Rutinitas yang jelas dan pengelolaan waktu yang baik menjadi dasar untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif. Strategi yang digunakan melibatkan penggunaan teknologi, variasi dalam metode pengajaran, serta penguatan nilai kolaborasi dan kerja sama antar siswa. Secara keseluruhan, strategi manajemen kelas yang diterapkan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, terbukti dengan peningkatan signifikan dalam nilai mereka. Kata Kunci : Manajemen kelas, Guru, Hasil Belajar. Sri Aryas Marwah. 2025. Analysis of the Effectiveness of Teacher Classroom Management on Learning Outcomes of Grade IV Students of SD Inpres 1 Talise. Skripsi. Bachelor’s degree. Elementary Teacher Education Study Program, Education Science Department, Teacher Training, and Education Faculty, Tadulako University. Under the supervision of (I) Rizal and (II) Asriani. This research examines the effectiveness of teacher classroom management on student learning outcomes in Grade IV of SD Inpres 1 Talise. It employs a qualitative approach and investigates the relationship between classroom management strategies and student academic performance. Data collection was conducted through observation, interviews, and documentation. The findings revealed that classroom management practices at SD Inpres 1 Talise achieved a "Good" rating with a percentage score of 75.60%. Teachers employed a comprehensive management approach, adapting learning methods according to students' daily moods and classroom situations. Effective learning was established through clear routines and efficient time management. The classroom management strategies incorporated technology integration, varied teaching methodologies, and emphasis on student collaboration and cooperation. Results indicated that these classroom management strategies positively impacted student learning outcomes, as evidenced by notable improvements in academic Performance. This research demonstrates the significant relationship between effective classroom management and enhanced student achievement in the context of primary education. Keywords: classroom management, teacher, learning outcomes |