JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING DI KELAS IV SDN 10 SINDUE |
Nama: UMUL MAGFIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Umul Magfira ABSTRAK Umul Magfira, (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Di Kelas IV SDN 10 Sindue. Skripsi. Progman Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Azizah, S.Si.,M.Pd, Pembimbing 2 Asriani, S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kammis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Sindue tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 18 orang terdiri dari 13 permpuan dan 5 laki-laki. Analisis data terdiri dari lember observasi (pengamatan) aktivitas guru, lembar observasi (pengamatan) aktivitas siswa dan soal pilihan ganda. Plaksanaan pratindakan diperoleh hasil belajar siswa 33,3%, pada siklus I dan II sebesar 66,7?n 89%. Hasil aktivitas Guru siklus I dan siklus II sebesar 64?n 88%. Hasil aktivitas siswa I dan siklus II sebesar 64,5?n 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 10 Sindue. Kata Kunci: Model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping, Hasil Belajar, IPAS |