JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD INPRES 6 WATUOGE |
Nama: MARIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Mariana, 2025. “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD Inpres 6 Watuoge”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd (2) Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Inpres 6 Watuoge. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (esai) dan nontes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat dilaksanakan dengan baik, melalui tahapan orientasi masalah, pengorganisasian peserta didik, penyelidikan, penyajian hasil, serta evaluasi. Penerapan ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, terlihat dari ketuntasan klasikal yang meningkat dari 8,33% (pra-tindakan) menjadi 12,5% (siklus I), dan mencapai 95,83% (siklus II). Dengan demikian, pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAS |