JudulIDENTIFIKASI PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL SESUAI LEVEL KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V DI SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: LUSIANI LINTUMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Lusiani Lintuman, 2025. Identifikasi Pembelajaran Teaching at The Right Level Sesuai Level Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing 1 Dr Herlina dan Dosen Pembimbing 2 Muchdar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui level kemampuan siswa di kelas V SD Inpres Bumi Sagu, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) di kelas V SD Inpres Bumi Sagu dan untuk mengetahui tantangan apa saja yang di alami dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti ingin mengetahui level kemampuan siswa di kelas V SD Inpres Bumi Sagu, melihat implementasi pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) di kelas V SD Inpres Bumi Sagu dan ingin mengetahui tantangan apa saja yang di alami dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan melakukan observasi selama proses pembelajaran pada siswa kelas V dan studi dokumen dari guru. Diperoleh hasil yaitu hasil asesmen diaknostik menunjukkan bahwa dari 15 siswa, mayoritas siswa berada pada level kemampuan kognitif tinggi yaitu 40?n tingkat kemampuan kognitif sedang yaitu 40%, dengan beberapa siswa di level rendah yaitu 20%. Berdasarkan hasil observasi diketahui implementasi pendekatan TaRL dilakukan guru melalui tiga langkah utama: langkah pertama identifikasi kemampuan, langkah kedua pengelompokkan, dan langkah ketiga pembelajaran berdiferensiasi. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru tantangan yang dihadapi guru dalam penerapan TaRL yaitu kebutuhan untuk lebih aktif dalam menyusun asesmen awal, pengelolahan ruang kelas yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, mengatasi kedisiplinan siswa yang cenderung bermain pada saat pembelajaran, dan kesulitan guru dalam menciptakan LKPD yang sesuai dengan level kemampuan siswa. Kata Kunci: Teaching at The Right Level (TaRL) |