Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SD NEGERI LASOANI
Nama: VIKA NOVITA MAKAWIMBANG
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Lasoani pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas atau sering disebut dengan PTK. Pada penelitian ini lebih fokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan proses pendidikan di kelas melalui tindakan atau strategi yang dilakukan oleh guru. Pada siklus I, hasil belajar siswa masih rendah, sehingga dilakukan refleksi untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Pada siklus II, setelah perbaikan dilakukan, 17 dari 20 siswa (85%) mencapai ketuntasan, memenuhi kriteria keberhasilan penelitian (70%). Guru memberitahukan hasil siklus I kepada siswa, mengidentifikasi kekurangan, dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran agar hasil belajar meningkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri Lasoani. Pada siklus I, persentase ketuntasan klasikal mencapai 50%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80%, dengan perolehan nilai persentase sebesar 70%. Penggunaan model ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kreatif, dan inovatif.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up