Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSKRIPSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SD INPRES 6 WATUOGE Oleh WINDI FEBRIANTI R ANDI ACO NIM A40121274 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO 2025
Nama: WINDI FEBRIANTI R ANDI ACO
Tahun: 2025
Abstrak
Windi Febrianti R. Andi Aco, 2021. Meningkatkan kemampuan membaca melalui model pembelajaran circ berbantuan media kartu bergambar pada siswa kelas II SD Inpres 6 Watuoge. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I), Yun Ratna Lagandesa dan Pembimbing (II), Pahriadi, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Inpres 6 Watuoge melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian yang disesuaikan dengan prosedur PTK yang telah ditetapkan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 orang siswa kelas II SD Inpres 6 Watuoge. Proses Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil analisis kemampuan membaca siklus I, diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca pada siswa kelas II SD Inpres 6 Watuoge, persentase keberhasilan 50,00%, hasil observasi guru memperoleh jumlah skor 21 dengan skor maksimal 40 sehingga diperoleh persentase rata-rata yaitu 52,5%, sedangkan observasi aktivitas siswa diperoleh jumlah skor 23 dengan skor maksimal 40 sehingga diperoleh persentase rata-rata 57,5%. Observasi aktivitas belajar guru dan siswa belum dikategorikan berhasil. Siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca dengan persentase kemampuan membaca puisi anak mencapai 91,6%. Observasi aktivitas guru meningkat dengan perolehan persentase rata-rata 87,5?n observasi aktivitas belajar siswa diperoleh persentase rata-rata 85,00%. Hasil observasi tersebut dikategorikan sangat baik. Pembelajaran membaca puisi anak dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan berbantuan media kartu bergambar cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dengan demikian meningkatkan kemampuan membaca dengan mengunakan media gambar melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dikatakan berhasil. Kata Kunci: kemampuan membaca, model pembelajaran CIRC, media kartu bergambar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up