Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS V SDN 1 BAIYA
Nama: CICI APRILIA HULINGGI
Tahun: 2025
Abstrak
CICI APRILIA HULINGGI, 2025. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas V SDN 1 Baiya. Skripsi, Program Studi Program Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Nasrullah (2) Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 1 Baiya. Latar belakang penelitian ini di dasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil pre-test, di mana hanya 33,33% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan pelaksanaan penelitian, persiapan tindakan, implementasi tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dari kategori “baik” menjadi “sangat baik”. Hasil menunjukan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 33,33% pada pra tindakan menjadi 46,67% di siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 86,67% di siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPAS di SDN 1 Baiya. Kata Kunci : Berbasis Masalah, Hasil Belajar, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up