Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPAS SISWA KELAS V SD INPRES KAYUBOKO
Nama: RAUDHATUL AZIZA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Raudhatul Aziza, 2025, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa Kelas V SD Inpres Kayuboko, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Nasrullah.,S.Pd,I.,M.Pd dan Pembimbing II Nurul Kamisani, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Inpres Kayuboko pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Model TGT dipilih karena dapat meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang menyenangkan dan kompetitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Kayuboko yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara serta dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi kognitif siswa setelah pembelajaran, sedangkan observasi digunakan untuk menilai keaktifan siswa dan guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 70%, dengan rata-rata nilai 70,75. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85%, dengan rata-rata nilai 78,65. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Inpres Kayuboko. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru menerapkan model pembelajaramn TGT dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar Kognitif, IPAS. ABSTRACT Raudhatul Aziza, 2025. The Implementation of the Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) to Improve Cognitive Learning Outcomes in IPAS for Fifth Grade Students at SD Inpres Kayuboko. Undergraduate Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Department of Educational Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. First Advisor: Dr. Nasrullah, S.Pd.I., M.Pd; Second Advisor: Nurul Kamisani, S.Pd., M.Pd. This study aims to improve the cognitive learning outcomes of fifth-grade students at SD Inpres Kayuboko in the IPAS subject through the application of the cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT). The background of this research is the low student learning outcomes caused by the lack of innovation in teaching methods used by teachers. The TGT model was chosen because it can enhance students' motivation, engagement, and learning outcomes through an enjoyable and competitive approach. This study is a Classroom Action Research (CAR) using a cycle design consisting of planning, action implementation, observation, and reflection. The research subjects were 20 fifth-grade students at SD Inpres Kayuboko. Data were collected through learning outcome tests, observations of student and teacher activities, interviews, and documentation. The learning outcome test was used to measure students' cognitive competence after instruction, while observations assessed student and teacher engagement during the learning process. The results showed that the implementation of the TGT model could improve students' cognitive learning outcomes. In the first cycle, student mastery reached 70%, with an average score of 70.75. In the second cycle, mastery increased to 85%, with an average score of 78.65. This improvement indicates that the application of the TGT learning model is effective in enhancing cognitive learning outcomes among fifth-grade students at SD Inpres Kayuboko. Based on these findings, it is recommended that teachers implement the TGT model in their teaching to improve the quality of education in elementary schools. Keywords: Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Cognitive Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up