Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PjBL KELAS V SD INPRES MALAKOSA
Nama: NI KETUT ARIASIH
Tahun: 2025
Abstrak
Ni Ketut Ariasih, (2024). Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran PjBL Kelas V SD Inpres Malakosa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing 2: Kadek Hariana, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Rupa. Upaya pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik analisis kualitatif. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran Seni Rupa kelas V SD Inpres Malakosa. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Malakosa tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 peserta didik terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian memperoleh data pelaksanaan pra_tindakan diperoleh kreativitas peserta didik masih tergolong kurang dengan persentase skor perolehan 41,42%, pada siklus I skor perolehan kreativitas peserta didik sebesar 67,1?ngan ketuntasan klasikal mencapai 50%. Sedangkan pada siklus II skor perolehan kreativitas peserta didik sebesar 81,5?ngan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik kelas V SD Inpres 1 Malakosa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up