Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Dan Tidak Berprestasi Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV Sdn I Baiya
Nama: SAFIRA AFRIANTI B LAEBO
Tahun: 2025
Abstrak
Safira Afrianti B Laebo, 2025. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Dan Tidak Berprestasi Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 1 Baiya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusus Lc., M.Ed (2) Nur Rahma, S.Si., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi dan tidak berprestasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas IV SDN 1 Baiya. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, namun hasil akhirnya disajikan secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa berprestasi dan tiga siswa tidak berprestasi yang dipilih berdasarkan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar (VAK), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berprestasi cenderung memiliki gaya belajar visual dan auditori, sementara siswa tidak berprestasi didominasi oleh gaya belajar kinestetik. Pemahaman terhadap gaya belajar ini penting untuk membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar serta mendukung keberhasilan akademik siswa. Kata Kunci: gaya belajar, siswa berprestasi, siswa tidak berprestasi, PKN.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up