Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Konkret Pada Siswa Kelas II SD GKST Talabosa
Nama: MEYLAND RIKHAR MENGKIDO
Tahun: 2025
Abstrak
Meyland Rikhar Mengkido, 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi perkalian Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Konkret Pada Siswa kelas II SD GKST Talabosa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Dr. Yusdin Bin M. Gagaramusu, Lc., M.Ed (II) Khairunnisa, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas II SD GKST Talabosa dengan menggunakan media pembelajaran konkret. Penelitian ini melibatkan 12 siswa diantaranya 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode Problem Basic Learning. Adapun media konkret yang digunakan berupa potongan lidi dan sedotan. Pada pelaksanaan siklus pertama diperoleh hasil sebagai berikut: pelaksanaan siklus pertam menunjukan 75% ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata 88,33?ngan 9 siswa mencapai standar kompetensi sedangkan 3 lainnya belum mencapai dengan skor terendah adalah 65 dan skor tertinggi 97,5. Berdasarkan temuan ini, maka kembali dilakukan penyesuaian dan perbaikan untuk siklus kedua. Dalam pelaksanaan siklus kedua hasinya seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum ditandai dengan skor perolehan terendah adalah 97,5?n skor tertinggi 100, dengan nilai rata-rata 99,79%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penggunaan media konkret pada mata pelajaran matematika dikelas II SD GKST Talabosa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media pembelajaran, Media pembelajaran konkret, Pembelajaran matematika, Perkalian

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up