JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Talise |
Nama: SITI MAGFIRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Siti Magfira, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Zulnuraini dan Pembimbing II Nurul Kamisani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen design dengan bentuk one-group pretest- posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A dan B tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 34 orang. Sempel yang digunakan yaitu Kelas V A SD Inpres 2 Talise yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 38,85 dan nilai rata-rata posttest yaitu 54,70. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Talise peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Talise. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 27 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Inpres 2 Talise. Kata Kunci: Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, IPAS |