Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 4 Sindue
Nama: EGAWATI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 4 Sin-due. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperi-men pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan yaitu Kelas IV SDN 4 Sindue yang berjumlah 27 siswa. Teknik Pengambilan data dilakukan dengan lembar angket dan wawancara. Ana-lisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan Inferensial, dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 57,80 dan nilai rata-rata posttest yaitu 84,24. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif. Hasil ini diperkuat dengan pengujian hipotesis yang menggunakan uji paired sampel t test pada taraf signifikan 5% (0,05). Berdasar-kan uji hipotesis diperoleh nilai singnifikan 0.000. karena nilai signifikan T-test < 0.05 (0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpul-kan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif ter-hadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 4 Sindue. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar Siswa, dan Pembelajaran IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up