Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 4 Sindue.
Nama: YUMITA M. LUOK
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Yumita M. Luok, (2025). Pengaruh Model Problem Based Learing (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 4 Sindue. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing : Yusdin Bin. M. Gagaramusu, dan Nurul Kamisani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 4 Sindue. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 27 orang.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar,lembar dan wawancara. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai ratarata pretest yaitu 49,70 dan nilai rata-rata posttest yaitu 80,96. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 4 Sindue, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 4 Sindue. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 29 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 4 Sindue. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Media Flashcard, Hasil Belajar Siswa, Bahasa Indonesia.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up