Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI INPRES 3 BIROBULI
Nama: ISNAINI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru dan staf tentang penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa SD Negeri Inpres 3 Birobuli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespon positif pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), sementara data dokumentasi menunjukkan rata-rata nilai siswa yang cukup tinggi. Hasil analisis statistik menggunakan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan prestasi belajar siswa. Hasil menunjukkan nilai -t dimana -r hitung < -t tabel, yaitu -0,2886 < 0,2573, -t hitung < -t tabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat hubungan antara Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Inpres 3 Birobuli. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin optimal penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa di SD Negeri Inpres 3 Birobuli. Kata kunci Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Prestasi Belajar Siswa, Hasil Belajar, Otonomi Sekolah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up