Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Metode Show And Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 14 Palu
Nama: SRI LESTARI
Tahun: 2025
Abstrak
Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam perkembangan akademik dan sosial siswa sekolah dasar. Namun, siswa kelas V SD Negeri 14 Palu masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi secara aktif selama pembelajaran, yang ditandai dengan sikap pasif dan kurangnya keberanian berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode show and tell terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 14 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode show and tell diterapkan melalui lima tahapan, yaitu: (1) pengenalan metode (2) pemodelan (3) pelaksanaan (4) pengamatan serta pemberian umpan balik dan (5) sesi tanya jawab. Dari hasil observasi dan wawancara, menunjukkan bahwa siswa mulai lebih aktif berbicara selama pembelajaran berlangsung, dengan berbagai variasi keterampilan dalam aspek linguistik (kosakata, pengucapan, dan tata bahasa) serta aspek nonlinguistik (kepercayaan diri, kelancaran berbicara, dan penguasaan materi). Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana metode show and tell diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 14 Palu. Kata Kunci: Show and Tell, Penerapan Metode, Keterampilan Berbicara.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up