JudulPengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 3 SD Inpres 1 Tanamodindi |
Nama: INTAN WIDURI |
Tahun: 2025 |
Abstrak INTAN WIDURI. 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Inpres 1 Tanamodindi. Skipsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Ulfah dan Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Kalimat saran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pre-experimental desaign. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IIIA berjumalah 22 siswa dan kelas IIIB 20 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan One group pre-test and post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa. pengumpulan data digunakan dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji analisis Wilcoxon signed ranks dapat diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Inpres 1 Tanamodindi. Sehinggah dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran gambar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Inpres 1 Tanamodindi. Kata Kunci: Media Pembelajaran Gambar,Materi Kalimat Saran,Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia. |