Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Pembelajaran Reward Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Alhidayah Besusu
Nama: WULANDARI MEWALO
Tahun: 2025
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Islam Alhidayah Besusu. Hipotesis pada penelitian ini ialah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Islam Alhidayah Besusu. Sampel pada penelitian ini sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pemberian reward dan data tentang motivasi belajar siswa. Dokumentasi untuk mendapatkan sejarah singkat sekolah, visi dan misi, akreditasi, jumlah pesera didik, alamat, dan struktur organisasi sekolah SD Islam Alhidayah Besusu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggunakan rumus Korelasi Person Product Moment (PPM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Islam Alhidayah Besusu. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi Person Product Moment diperoleh harga rxy0,642 lebih besar dari rtabel0,09 yakni 0,642>0,09, dan dilihat dari pedoman interpretasi koefisien korelasi nilai rxy0,642 berada pada intervail koefisien nilai 0,60 – 0,799 pada interval tersebut tingkat hubungannya ialah kuat, sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) yaitu “Ada Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Alhidayah Besusu “diterima dan hipotesis (Ho) yaitu “Tidak Ada Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Alhidayah Besusu” di tolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Islam Alhidayah Besusu. Diketahui bahwa pemberian reward dapat menjadi salah satu faktor untuk mendorong motivasi belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan pada penelitian ini dapat tercapai. Kata Kunci: Pemberian Reward, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up