Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan CRT Berbantuan Articulate Storyline (Artleap) Untuk Menguatkan Keterampilan Critical Thinking Siswa Kelas V Sd Negeri 24 Palu
Nama: SAKINAH
Tahun: 2025
Abstrak
Sakinah, 2025. Efektivitas Multimedia Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Articulate Storyline (Artleap) Untuk Menguatkan Keterampilan Critical Thinking Siswa SD Kelas V SD Negeri 24 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat keefektifan penggunaan modul ajar interaktif berbasis problem based learning berbantuan articulate storyline (Artleap) untuk menguatkan keterampilan critical thinking siswa kelas V SD Negeri 24 Palu. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One group pre-test and post-test design yang menggunakan satu kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan pengajaran menggunakan modul ajar. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V A SD Negeri 24 Palu. Sampel yang diambil yaitu kelas V A dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa berupa soal pilihan ganda pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis inferensial yang dilakukan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis Wilcoxon signed ranks untuk mengetahui perbedaan antara hasil data sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan Wilcoxon signed ranks adalah 0,000. Karena nilai signifikan t-test < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada modul ajar interaktif berbasis problem based learning berbantuan articulate storyline Artleap (X) efektif untuk menguatkan keterampilan Critical Thinking (Y) siswa kelas V A SD Negeri 24 Palu. Kata Kunci: Efektivitas, Articulate Storyline, Artleap, Keterampilan Critical Thinking

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up