Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD INPRES 2 BESUSU
Nama: DEWI ANITA SARI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Dewi Anita Sari ,2025. Judul skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Besusu Untuk Pengaruh Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Besusu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Zulnuraini S.Pd.,M.Pd, dan Pembimbing II Nuraini S.Pd..,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Besusu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA ajaran 2024/2025 berjumlah 27 orang. Sempel yang digunakan yaitu Kelas IV A SD Inpres 2 Besusu yang berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan wawancara. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 48.33 dan nilai rata-rata posttest yaitu 80.07 Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Besusu Untuk Pengaruh Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Besusu peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Pengaruh Hasil Belajar IPAS Siswa Di Kelas IV SD Inpres 2 Besusu. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 30 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Inpres 2 Besusu. Kata Kunci: Model Pembelajara Inkuiri Tebimbing, Hasil Belajar, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up