Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN INPRES LEMPEK
Nama: WARDIN SIGANI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK WARDIN SIGANI, 2025. Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Inpres Lempek. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nasrullah, dan Sisriawan Lapasere. Permasalahan dari penelitian ini yaitu kurangnya media interaktif dalam proses pembelaaran seperti media gambar atau media video animasi di SDN Inpres Lempek. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh menggunakan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN Inpres Lempek. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitan kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design (The one Group Pretest-Postest Design). Subyek penelitian di SDN Inpres Lempek sebanyak 20 siswa. Data penelitian di peroleh melalui pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis data setelah mendapatkan perlakuan menunjukan ada pengaruh terhadap hasil pembelajaran dengan adanya perbedaan nilai pre-test terendah 20 dan nilai tertinggi 75 sendangkan post-test nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 85. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan hasil analisis normalitas berdistribusi normal, nilai signifikansi yaitu 0,561 > 0,05, dan pada hasil analisis uji-t menunjukan bahwa nilai signifikansi dari uji hipotesis sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran video animasi yaitu sig 0,000. Nilai sig yaitu 0,000 < 0> 0.05, and the results of the t-test analysis show that the significance value of the hypothesis test before and after the use of animated video learning media is sig 0.000. The value of the sig is 0.000 < 0.05, then it can be concluded that Ha, is accepted and Ho is rejected. This means that there are differences in learning outcomes before and after the use of animated video learning media. Keywords: Animation Video Learning Media, Student Learning Outcomes

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up