JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 1 TALISE |
Nama: NURFAIDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurfaidah, 2025. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ilustrasi dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa dan Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menggambar ilustrasi siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan media pembelajaran audio visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise yang berjumlah 25 orang siswa, yang terdiri 9 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan individu sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan individu sebesar 80%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20% pada ketuntasan individu. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi siswa SD Inpres 1 Talise Kelas IV pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kata kunci ; Media Pembelajaran audio visual, Menggambar Ilustrasi, Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. |