Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMBAGIAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN JENIS KELAMIN DENGAN MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS IV SDN INPRES 3 TONDO
Nama: FITRA
Tahun: 2025
Abstrak
Fitra, 2025. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pembagian Bilangan Bulat Berdasarkan Jenis Kelamin Dengan Menggunakan Teori Newman Pada Siswa Kelas IV SDN Inpres 3 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Mubarik, (II) Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa menurut teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pembagian bilangan bulat ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SDN Inpres 3 Tondo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 2 siswa dari kelas IV SDN Inpres 3 Tondo. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) hanya siswa perempuan yang melakukan kesalahan memahami, yaitu siswa tidak dapat memahami arti masalah secara keseluruhan. (2) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan mentransormasi, yaitu siswa tidak dapat menentukan operasi matematika untuk memecahkan masalah dengan benar. (3) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan Keterampilan proses, yaitu tidak dapat melakukan operasi hitung yang digunakan dengan benar. (4) Siswa laki-laki dan siswa perempuan melakukan kesalahan menuliskan jawaban akhir, yaitu siswa tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat. Terdapat beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan, yaitu: Tidak teliti dan terburu-buru, tidak fokus dan lupa. Kata kunci : Teori Newman, Jenis Kelamin, Soal Cerita.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up