Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SDN 5 SINDUE TOBATA
Nama: SAGMA
Tahun: 2025
Abstrak
Sagma, 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Melalui Dengan Menggunakan Model Role Playing pada siswa kelas V SDN 5 Sindue Tobata”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UniversitasTadulako, Pembimbing (1) Juraid, dan pembimbing (2) Rizal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan model Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Sindue Tobata tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi,. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Role Playing. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelumnya 55,5 menjadi 66 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 85%. Selain itu, model Role Playing juga meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, serta membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Kata kunci: hasil belajar, IPAS, model Role Playing, pembelajaran aktif, siswa sekolah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up