JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD INPRES 1 KAWATUNA |
Nama: ADIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Adia, 2025. Judul skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Video Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres 1 Kawatuna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusu Lc., M.Ed dan Pembimbing II Surahman, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Pengunaan Media Video Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres 1 Kawatuna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V ajaran 2024/2025 berjumlah 23 orang. Sempel yang digunakan yaitu Kelas V SD Inpres 1 Kawatuna yang berjumlah 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan observasi. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 65,9. dan nilai rata-rata posttest yaitu 90 Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Pengunaan Media Video Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Inpres 1 Kawatuna peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Video Berbasis problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD Inpres 1 Kawatuna. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 25 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh penggunaan Media Berbasis Problem Based Learning Terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SD inpres 1 Kawatuna. Kata Kunci: Media Video, Problem Based Learnig, Hasil belajar, PKn. |