Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD INPRES 12 BAIYA
Nama: SITI HAJAR LAEDI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Siti Hajar Laedi, 2025. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Inpres 12 Baiya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Azizah, S.Si, M.Pd., (2) Asriani, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Inpres 12 Baiya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek yang digunakan yaitu siswa kelas V SD Inpres 12 Baiya yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan lembar angket dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif, dengan hasil yang diperolah pada siklus I yaitu 65,75?n siklus II 81,31%, Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini diperkuat dengan hasil aktivitas guru pada siklus I 75,2 dan siklus II 93,3, hasil aktivitas siswa siklus I 61 dan siklus II 91. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 12 Baiya. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Model Problem Based Learning (PBL).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up