Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card Match) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Kalimat Tanya Di Kelas II SD Inpres Taipa Ginggiri
Nama: FEBRIANTI A MANIKA
Tahun: 2025
Abstrak
Febrianti A.Manika , 2025.Penerapan Metode Pencocokan Kartu Indeks (Index Card Match) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Kalimat Tanya Di SD Inpres Taipa Ginggiri. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr.Yusdin Bin .M .Gagaramusu dan Surahman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah dalam proses pembelajaran di sekolah SD Inpres Taipa Ginggiri yang perlu diselesaikan. Terutama yang berhubungan dengan pembahasan materi, guru tidak memakai metode yang kreatif dan menyenangkan, metode yang dgunakan mencatat atau ceramah sehingganya siswa merasa belum terlalu mampu untuk bertanya mengenai materi tersebut. maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggunakan kalimat tanya dengan metode pencocokan kartu indeks ( index card match ) di kelas II SD Inpres Taipa Ginggiri. Dalam siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dari satu kali pertemuan yang setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Taipa Ginggiri tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kartu indeks dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan juga dapat membuat aktivitas guru kreatif dan aktivitas siswa menjadi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci : Kemampuan Belajar, Metode Pembelajaran kartu indeks (index card match) , Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up