Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS STRATEGI GURU DALAM PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN SESUAI GAYA BELAJAR SISWA KELAS 4 SD INPRES 1 TONDO
Nama: EKA CAHYANI
Tahun: 2025
Abstrak
Eka Cahyani, 2025 “Analisis Strategi Guru Dalam Pemilihan Media Pembelajaran SesuaI Gaya Belajar Siswa Kelas 4 SD Inpres 1 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Yusdin Bin.M Gagaramusu (2) Surahman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa kelas 4 SD Inpres 1 Tondo.Latar belakang penelitian ini yaitu tentang pentingnya penyesuaian media pembelajaran dengan gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) guna menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar dominan visual (58,3%), diikuti gaya belajar auditori, kinestetik, serta kombinasi ketiganya. Guru menunjukkan pemahaman yang baik terhadap pentingnya identifikasi awal gaya belajar siswa melalui asesmen, serta menerapkan strategi pemilihan media berdasarkan efektivitas dan kesesuaian dengan karakteristik siswa. Media pembelajaran utama yang digunakan adalah infokus/proyektor, buku paket, dan eksplorasi lingkungan sekolah. Guru memilih media yang mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar secara bersamaan dan melakukan evaluasi rutin untuk menyesuaikan media dengan kebutuhan siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan guru dalam identifikasi gaya belajar dan inovasi media pembelajaran, serta penyediaan fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai. Kata kunci: strategi guru, media pembelajaran, gaya belajar, visual, auditori, kinestetik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up