JudulPENERAPAN MODEL CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD INPRES 12 BAIYA |
Nama: WIDYAWATI LAMANTE |
Tahun: 2025 |
Abstrak Widyawati Lamante, (2025). Penerapan Model CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD Inpres 12 Baiya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Azizah, S.Si.,M.Pd dan Asriani S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 12 Baiya dengan menerapkan model CLIS (Children Learning In Science). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 Baiya yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes akhir, lembar observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil Belajar siswa pada siklus I diperoleh 63,1?n pada siklus II diperoleh 89,4%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 70,4?n siklus II diperoleh 84,3%. Hasil observasi siswa siklus I diperoleh 65,2?n siklus II diperoleh 83,4%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Children Learning In Science di kelas IV pada mata pelajaran IPA SD Inpres 12 Baiya. Kata Kunci: Model CLIS (Children Learning In Science), Hasil Belajar, IPA. |