JudulANALISIS PEMAHAMAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 1 BANAWA SELATAN |
Nama: WAHYU HIDAYAT |
Tahun: 2025 |
Abstrak Wahyu Hidayat, 2025. “Analisis Pemahaman Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 1 Banawa Selatan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nasrullah dan (2) Muchdar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di kelas IV SDN 1 Banawa Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka sudah berjalan namun belum maksimal karena beberapa kendala, terutama terkait pemahaman guru yang belum optimal sesuai dengan kurikulum merdeka, kurangnya sarana pendukung yang memadai sebagai pendukung penerapan kurikulum sesuai dengan prosedur, dan juga keterbatasan pelatihan untuk guru. Sehingga pelaksanaan kurikulum merdeka tidak terlaksana sesuai dengan indikator yang ada dalam kurikulum merdeka. Kata Kunci: Pemahaman Guru, Kurikulum Merdeka, SDN 1 Banawa Selatan |