Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulImplementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tondo
Nama: ANDITA REZKILIA
Tahun: 2025
Abstrak
Andita Rezkilia, 2025. Judul skripsi: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Zulnuraini, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Nuraini, S.Pd.,MPd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV yang terdiri dari delapan laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Pada pra-tindakan, presentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 37,5?ngan skor rata-rata 56,25%. Setelah penerapan model PBL berbantuan media audio visual, presentase ketuntasan meningkat menjadi 58,33% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II, dengan skor rata-rata masing-masing 67,70?n 81,04%. Selain itu kegiatan siswa dan guru juga meningkat, mencapai kriteria yang sangat baik pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pendidik untuk menerapkan model pembelajaran inovatif yang melibatkan siswa secara aktif dan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Audio Visual, Hasil Belajar, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up