Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Lasoani
Nama: MEILIN MADADI
Tahun: 2025
Abstrak
Meilin Madadi, 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Lasoani”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Ulfah, S.Pd.,M.Pd (2) Kadek Hariana, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan aplikasi wordwall pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang teridiri atas empat langkah yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lasoani dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Untuk teknik pengumpulan data tes adalah soal pilihan ganda (PG) sedangkan pengumpulan data non tes adalah wawancara, dokumentasi dan observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar siswa pada tes awal pra tindakan dengan nilai KKM yaitu 70 diperoleh ketuntasan belajar klasikal 28?ngan presentase daya serap klasikal 53,2% menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih kurang sehingga belum mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal 64?ngan presentase daya serap klasikal 69,2%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM dan dikategorikan cukup. Untuk siklus 2 diperoleh hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 100?ngan jumlah skor siswa tertinggi 100 dan jumlah skor siswa terendah 60 sehingga jumlah siswa yang tuntas 25 siswa dan dikatakan tuntas mencapai nilai KKM dan dikategorikan baik. Berdasarkan hasil belajar yang telah dijelaskan dapat simpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Lasoani Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil belajar, Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up