JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 8 MAMBORO |
Nama: MOHAMMAD SUFYAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Mohammad Sufyan, 2025. ”Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 8 Mamboro”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Prof. Dr. Misnah S.Pd., M.Pd. (2) Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 8 Mamboro. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada peningkatan kualitas proses pembelajaran. Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SDN 8 Mamboro pada tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek sebanyak 29 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes dan non-tes. Data non-tes diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data tes diambil dari pengerjaan soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 60,43%, meningkat sebesar 12,74% dibandingkan pra-tindakan yang hanya 47,69%. Pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat lagi menjadi 83,57%, atau naik 23,14?ri siklus I. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peserta didik kelas IV di SDN 8 Mamboro dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Audio Visual, Hasil Belajar, IPAS |