JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES 2 TALISE |
Nama: OKTAVIANI KAROLINA TOPUHA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk onegroup pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V ajaran 2024/2025 berjumlah 19 orang. Sempel yang digunakan yaitu Kelas V SD Inpres 2 Talise yang berjumlah 19 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 45,63 dan nilai rata-rata posttest yaitu 79,95. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres 2 Talise peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres 2 Talise. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 23 dimana nilai sig (2- tailed)= 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh penggunaan Media Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres 2 Talise. Kata Kunci: Media Digital, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia |