Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN 26 PALU
Nama: FADILA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tanggart. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN. Upaya pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode Tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas V di SDN 26 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 26 Palu tahun ajaran 2025/2026 yang berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Hasil penelitian memperoleh data pelaksanaan pra-tindakan diperoleh hasil belajar siswa masih tergolong kurang dengan persentase skor perolehan 28,57%, pada siklus I skor perolehan hasil belajar siswa 68,21?ngan ketuntasan klasikal mencapai 57%. Sedangkan pada siklus II skor perolehan hasil belajar siswa sebesar 83,21?ngan ketuntasan klasikal mencapai 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 26 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up