JudulAnalisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Belajar Lingkungan Di Kelas V SD Negeri Winowanga |
Nama: JANEL FILIA PODE’U |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Janel Filia Pode’u, 2025. Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Belajar Lingkungan Di Kelas V SD Negeri Winowanga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Dr. Rizal, S.Ag., M.Pd. , Pembimbing 2 Muhammad Aqil S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar lingkungan di kelas V SD Negeri winowanga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru kelas V yang ada di SD Negeri winowanga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru dalam memanfaatkan sumber belajar lingkungan masih sangat jarang dan masih perlu ditingkatkan. Kategori yang cukup sesuai indikator, yakni guru sudah memiliki kemampuan dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menarik, mampu membangun hubungan yang positif dan terbuka dengan siswa, dan ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan oleh guru yakni, penguasaan materi pembelajaran, menerapkan sumber belajar yang beragam sesuai dengan kebutuhan siswa, menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata yang relevan. Hambatan dalam pengembangan kompetensi guru yang ditemukan yakni, kurangnya fasilitas yang memadai berupa lingkungan sekolah yang kurang sehat dan kurang beragam sehingga sulit digunakan untuk sebagai sumber belajar, selain itu juga materi kurangnya buku panduan atau referensi yang spesifik tentang cara memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, kondisi lingkungan sekolah kurang mendukung seperti polusi, kerusakan lingkungan, atau kurangnya variasi ekosistem. Kata Kunci : Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Belajar Lingkungan |