JudulImplementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SDN Maku |
Nama: FITRA DIVA DERISKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDN Maku. Fokus utama penelitian ini adalah pada dimensi bergotong royong dan bernalar kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas IV, dan siswa-siswi kelas IV SDN Maku. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang mendukung dimensi bergotong royong telah terlaksana dengan baik. siswa terlibat aktif dalam kegiatan kolaboratif, menunjukan sikap kepedulian, dan guru secara konsisten mendorong kerja sama dalam proses belajar. Namun, pada dimensi bernalar kritis pelaksanaan dalam proses pembelajaran di kelas belum berjalan secara optimal. guru masih kesulitan dalam mengarahkan aktivitas pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis. Temuan ini menunjukan bahwa meskipun implementasi sebagian dimensi sudah berjalan baik, namun sangat diharapkan untuk dapat terus meningkatkan pelatihan pengembangan profesional guru, khususnya yang berkaitan dengan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa. Kata Kunci: profil pelajar pancasila, bergotong royong, bernalar kritis, kurikulum merdeka |