JudulPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS 4 SD INPRES 3 TONDO |
Nama: ANNISA ALMA FARINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ANNISA ALMA FARINA, 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 3 Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) H. Juraid dan (2) Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah dalam proses pembelajaran yang berdampak pada nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang masih rendah. Dimana tingkat pencapaian tujuan pembelajaran khususnya di kelas IV SD Inpres 3 Tondo masih tergolong relatif rendah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Poerwandari mengatakan bahwa penelitian kualitatif mengumpulkan dan mengolah data deskriptif melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Dasar pemikiran yang digunakan dalam pendekatan ini adalah penelitian yang memberikan informasi tentang subjek permasahalan saat ini2. Hasil validasi mengenai kelayakan media yang diperoleh dari 1 ahli validator, yaitu dari ahli media diperoleh skor dengan 84,28%, dan dari ahli materi diperoleh skor dengan 90,76%. dengan kiteria sangat layak untuk digunakan. Hasil Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis digital berbasis untuk kelas IV SD Inpres 3 Tondo dengan memperoleh skor yaitu 98,5?ngan kiteria sangat menarik. Hasil respon guru kelas IV terhadap media pembelajaran berbasis digital untuk kelas IV SD Inpres 3 Tondo dengan memperoleh skor 90% yaitu dengan kiteria sangat Praktis..Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran memiliki dampak positif terhadap pemahaman siswa kelas IV. Penggunaan media video tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media video pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis digital, hasil belajar, Media Video |